Laman

Sabtu, 22 Maret 2014

MANFAAT DAUN PANDAN WANGI DAN DAUN SIRIH


Mengharumkan ruangan tak hanya memakai produk pengharum buatan yang sering diiklankan di televisi. Kebanyakan harga pengharum ruangan tersebut cukup mahal. Walaupun ada juga yang dijual dengan harga ekonomis, wanginya tak tahan lama.

Berikut ada beberapa tips bagi Anda yang ingin menciptakan ruangan wangi alami tanpa harus mengeluarkan kocek terlalu dalam. Ruangan Anda pun tak hanya wangi, tetapi bebas dari serangga.


Anda hanya cukup menggunakan daun pandan wangi dan daun sirih. Kedua daun tersebut ternyata berkhasiat untuk mengusir serangga, terutama kecoak dan semut.

Daun Pandan Wangi 





Anda bisa memakai daun pandan wangi ini pada kamar mandi. Aroma yang tak sedap kerap kali dihasilkan oleh ruangan tersebut. Setidaknya, daun pandan wangi akan menetralisasinya. Simak caranya sebagai berikut. 

1. Iris tipis 3-5 lembar daun pandan wangi. 

2. Masukkan irisan pandan ke mangkuk atau wadah yang terbuka.

3. Letakkan wadah di atas kloset, rak, atau ambalan yang ada di area kering.

Wangi daun pandan akan menyebar di kamar mandi. Untuk kamar mandi kecil, maksimal 5 m2, cukup diletakkan satu wadah. 

Namun, jika ruangan cukup luas, letakkan dua atau tiga wadah di tempat-tempat berjauhan. Wangi pandan akan bertahan tiga hari sampai seminggu. Gantilah dengan irisan yang baru jika wangi sudah tak lagi tercium. 

Daun Sirih





Anda bisa memakai daun sirih sebagai pengharum. Seperti kita ketahui, daun ini banyak khasiatnya, salah satunya bisa sebagai pengusir semut. Bagaimana caranya?

1. Letakkan beberapa lembar daun sirih di tempat yang sering diserbu oleh semut. Misalnya, area dekat penyimpanan gula atau bumbu dapur lainnya.

2. Biarkan semalam. Semut pun bubar, tak terlihat lagi.

3. Jika sirih layu, Anda dapat menggantinya dengan yang segar.

Memang, aroma daun sirih  yang agak "keset" itu tak disukai kawanan semut. Dapur pun bersih dan wangi. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar