Laman

Senin, 12 Mei 2014

MANFAAT MENGURANGI ASUPAN NASI PUTIH




Nasi menjadi menu sehari-hari dalam makanan kita. Bahkan konsumsi nasi biasanya lebih besar, dari pada konsumsi lauk sebagai 'teman' makan. Nasi sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan, dari kehidupan masyarakat kita.

Tapi jika Anda memiliki aktivitas fisik yang sedikit, Anda harus mengurangi konsumsi nasi, terutama nasi putih. Nasi adalah sumber karbohidrat yang cukup tinggi, dan akan diolah menjadi glukosa, yang jika tidak ada aktivitas fisik, maka akan disimpan di dalam tubuh. Akibatnya, kadar gula darah akan meningkat, dan itu tidak baik bagi kesehatan, terutama bagi penderita diabetes 




Konsumsi nasi yang baik adalah satu porsi dalam sehari, dan disubstitusi dengan makanan lainnya yang tinggi protein dan serat, agar pencernaan dan tubuh tetap sehat. Lalu apa manfaat mengurangi konsumsi nasi putih ini? Berikut manfaatnya yang kami kutip dari  Boldsky :
1. Tingkat gula darah normal. Konsumsi nasi yang seimbang, membuat kadar gula darah tetap seimbang, dan tidak akan terjadi lonjakan.
2. Sembelit. Rendahnya serat dalam nasi, bisa menyebabkan sembelit, dan juga gerakan usus tidak baik.
3. Diabetes. Ini adalah penyakit yang berhubungan dengan peningkatan kadar gula dalam darah, nasi menyediakan gula dalam jumlah cukup banyak.
4. Karbohidrat. Jika Anda sedang melakukan program diet, lebih baik hindari makanan yang satu ini. Karena nasi akan membuat berat badan naik.
5. Nutrisi. Nutrisi dalam nasi sangat rendah, sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, bisa menyebabkan malnutrisi bagi tubuh.
6. Pati yang tinggi. Kadar pati dalam nasi sangat tinggi, yang bisa meningkatkan kadar gula darah Anda.
7. Alergi. Tidak sedikit orang yang alergi terhadap nasi putih. Dan untuk gantinya, bisa dengan beras merah.
8. Rasa lapar. Nasi tidak menyebabkan perut kenyang dalam porsi yang sedikit, sehingga banyak yang mengonsumsi nasi dalam jumlah banyak. Dan itu tidak baik untuk kesehatan.

Lalu apa alternatif pengganti nasi? Ya, di Indonesia banyak sumber karbohidrat yang lebih baik dan akaya nutrisi lainnya, seperti kentang, jagung, atau umbi-umbian. Jadi tidak ada salahnya, kita mulai mengganti nasi putih dengan panganan lainnya untuk membuat tubuh lebih sehat lagi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar