Laman

Rabu, 12 Februari 2014

PENYEBAB RASA MUAL PADA KEHAMILAN

Ada beberapa teori yang menyebutkan tentang penyebab munculnya rasa mual pada saat kehamilan. Salah satu penyebabnya adalah hormon estrogen. Wanita hamil akan mendapatkan jumlah hormon estrogen yang sangat banyak. Jumlah hormon estrogen tersebut dapat meningkatkan asam lambung. Kondisi tersebut akan menyebabkan wanita hamil menjadi sakit kapanpun dia makan sesuatu. 


Kebanyakan wanita akan menolak makanan karena asam tersebut naik hingga ke pangkal tenggorokan dan mual menyebabkan lidah menjadi pahit. Penyebab lain yang menimbulkan rasa mual pada saat hamil adalah perkembangan plasenta. Plasenta bayi dapat mengeluarkan hormon Human Chrionic Gonodotropin, dan hormon tersebut akan terus meningkat seiring pertumbuhan plasenta. Hormon tersebutlah yang bisa menyebabkan rasa mual muncul, karena pertahanan tubuh san calon ibu menolak keberadaan hormon tersebut.

Beberapa Cara Mengatasi Mual
Beberapa wanita mungkin akan menolak untuk makan setiap kali rasa mual muncul. Padahal menolak makanan bukanlah solusi yang baik karena Anda dan bayi sangat membutuhkan nutrisi yang cukup. Sebaiknya Anda tetap mengkonsumsi makanan yang sehat dalam porsi sedikit. Makanan tersebut akan mengurangi jumlah asam lambung. Anda juga sebaiknya menghindari makanan atau minuman dingin jika ingin mengurangi rasa mual.

Hal Yang Bisa Membantu Tidur Nyenyak
Jika Anda suka merokok dan minum minuman beralkohol, maka sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan tersebut selama kehamilan. Nikotin serta alkholol sangat berbahaya bagi bayi yang ada didalam kandungan. Alkohol dan nikotin juga bisa membuat Anda sulit untuk tidur. Nikotin merupakan zat stimulan yang bisa menyebabkan tidur Anda tidak nyenyak. Hal lain yang bisa membantu Anda tidur nyenyak adalah mengurangi konsumsi kafein. Kafein dapat membuat Anda sulit tertidur. 
Beberapa minuman yang mengandung kafein seperti kopi, cokelat, dan juga soda. Jadi hindarilah kafein sebisa mungkin selama kehamilan. Saat Anda hamil, Anda selalu ingin pergi ke kamar mandi untuk buang air. Bahkan pada saat Anda tidur pun, keinginan untuk buang air selalu muncul. Untuk menguranginya, Anda sebaiknya tidak terlalu banyak minum sebelum tidur.

Hal-hal Lain Yang Mempermudah Tidur
Ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah tidur Anda. Sebaiknya Anda tidak makan dalam porsi berat pada saat menjelang tidur. Sebaiknya Anda hanya makan makanan kecil sebelum tidur. Makanan tersebut akan membantu meredakan mual. Sehingga Anda tidak akan terbangun tengah malam karena mual yang bisa tiba-tiba muncul. Jika Anda merasa capek, sebaiknya Anda menyempatkan diri untuk tidur siang sekitar 30 sampai 60 menit. Namun jangan terlalu lama karena akan menyebabkan sulit tidur di malam hari


Tidak ada komentar:

Posting Komentar